Home » Informasi Ganjil Genap Jakarta Per 7 Oktober 2021
Politik

Informasi Ganjil Genap Jakarta Per 7 Oktober 2021

Pemerintah kemarin baru saja memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuakn Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Kali ini, Jakarta masih harus menerapkan PPKM Level 2 sejak 21 September sampai dengan 4 Oktober 2021.

Selama PPKM Level 3 ini, sistem ganjil genap masih berlaku di Jakarta. Lalu, bagaimana dengan hari ini, 7 Oktober 2021?

Diketahui, Pemerintah resmi kembali memperpanjang masa berlaku PPKM Level 2 dan 4 di Jawa dan di Bali, seiring dengan perpanjangan PPKM, Ditlantas Polda Metro Jaya juga masih memberlakukan kawasan ganjil genap.

Pembatasan mobilitas dengan menggunakan sistem ganjil genap ini memiliki tujuan untuk mengurangi adanya lonjakan arus lalu lintas pada beberapa titik. Kawasan ganjil genap Jakarta masih sama dengan yang sebelumnya.

Yaitu Jalan Sudirman, Jalan Rasuna Said, dan Jalan MH Thamrin. Jadwal dan jam ganjil genap Jakarta juga masih sama yaitu dari hari Senin sampai dengan hari Minggu dan mulai dari jam 06.00 sampai dengan 20.00 WIB.

Informasi penerapan gage Jakarta hari ini disampaikan dari akun Twitter @TMCPoldaMetro. Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya masih berjaga di lokasi yang memasuk area ganjil genap tersebut. Untuk pengendara yang melanggar akan ditilang baik secara manual maupun dengan sistem tilang elektronik

Para pelanggar sistem jalan ganjil genap Jakarta akan dikenakan sanksi tilang yang mengacu pada Pasal 287 UU Lalu Lintas dengan denda maksimal Rp 500.000.

Perpanjangan jalur ganjil genap Jakarta hari ini dimulai dari tanggal 5 Oktober sampai dengan 18 Oktober 2021. Petugas kepolisian juga sudah memasang rambu peringatan pada setiap pintu masuk menuju kawasan yang terkena pembatasan ganjil genap.

Saat ini, jalur juga diperluas lagi pada beberapa tempat wisata yang sudah diizinkan untuk beriperasi oleh pemerintah. Tempat wisata yang baru diizinkan beroperasi adalah Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII.

Tujuan aturan ini adalah untuk mengurangi kerumunan publik di masa pandemi Covid – 19. Pastikan kalian keluar di tanggal yang sesuai dengan plat kendaraan kalian ya!