Home » Yuk Kenalan Dengan 10 Kiper Terbaik Dunia, Ada Yang Dari Indonesia Loh!
Berita Sepakbola

Yuk Kenalan Dengan 10 Kiper Terbaik Dunia, Ada Yang Dari Indonesia Loh!

Dalam dunia sepakbola, posisi penyerang memang seringkali menjadi favorit orang – orang. Apalagi, mengingat peran mereka sebagai pencetak gol yang sering kali mengubah kondisi di dalam sebuah pertandingan.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, perkembangan sepak bola ikut berkembang dan posisi kiper pun saat ini jadi punya peran yang tak kalah krusial. Itulah kenapa, saat ini para penjaga gawang juga termasuk sosok vital yang jadi sorotan di dalam sebuah pertandingan.

Ada banyak tim yang berlomba – lomba mencari kiper terbaik yang bukan hanya sekedar formalitas untuk menjaga gawang saja namun juga harus punya skill yang mumpuni. Beberapa tim juga bahkan sangat rela menyisihkan waktu khusus untuk melatih penjaga gawang mereka, ada pula tim yang sampai merogoh kocek dalam – dalam supaya bisa mendatangkan penjaga gawang terbaik.

1. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon pernah disebut – sebut sebagai kiper muda terbaik di abad 21. Ia pernah meraih gelar di level timnas dan juga sudah meraih banyak trofi di level klub bersama dengan Juventus. Selain catatan bersama dengan tim nya, mantan kiper Parma tersebut juga punya torehan individu yang cukup bagus.

Tahun lalu, Buffon berhasil memecahkan rekor Paolo Maldini dengan menjalani 650 laga di Liga Italia sejak debut bersama tim Parma di bulan November 1995 dulu. Dia juga menjadi pemain pertama yang mencapai rekor itu.

Buffon juga menorehkan catatan sebagai kiper tak kebobolan paling lama di Serie A, yaitu selama 974 menit. Baru – baru ini BUffon mengantarkan Juve dalam menjuarai Coppa Italia 2020 / 2021. Tetapi, dia memutuskan untuk meninggalkan Juventus di akhir musim ini.

2. Alisson Becker (Liverpool – Brasil)

Alisson Becker (Liverpool - Brasil)

Salah satu kiper terbaik sepanjang masa ini adalah seorang penjaga gawang yang berasal dari Brazil dan sudah punya catatan yang sangat mengagumkan pada musim 2020 sampai dengan 2021. Dia sudah mencatat 77 kebobolan dan 46 nirbobol sepanjang bermain di Liga Inggris.

Selain itu, dia juga berhasil mengantarkan Liverpool menjuarai berbagai macam gelar. Penampilan yang paling mengagumkan darinya terjadi di musim 2019 – 2020. Saat itu, Becker bahkan berhasil mengantarkan Liverpool dalam menjuarai 3 gelar yaitu Liga Champions, Liga Inggris, serta Piala Dunia Klub 2020.

Walaupun sempat kesulitan untuk mencapai performa puncaknya bersama dengan Liverpool di akhir musim lalu, tetapi hal itu tak menutupi kontribusi besar yang ia berikan kepada klub ataupun timnas Brazil sepanjang beberapa tahun terakhir ini.

3. Gianluigi Donnarumma (PSG – Italia)

Gianluigi Donnarumma (PSG - Italia)

Gianluigi Donnarumma adalah salah satu kiper terbaik dunia sepanjang masa. Bahkan, di umurnya yang ke 22 tahun, ia sukses membawa negaranya, Italia untuk menjadi Piala Eropa 2020.

Bahkan dia juga tampil sebagai seorang pahlawan di saat Italia memenangkan drama adu penalti dalam melawan Inggris di partai final. Donnarumma juga semakin menunjukkan kebolehannya sesudah menjadi kandidat kiper terbaik di Piala Eropa 2020.

Di level klub pun, dia punya peran yang cukup besar saat AC Milan bangkit pada Liga Italia di musim kemarin. Sekarang, dia juga akan memulai tantangan yang baru dengan cara hijrah dan berpindah ke PSG.

4. Jan Oblak (Atletico Madrid – Slovenia)

Jan Oblak (Atletico Madrid - Slovenia)

Oblak sampai saat ini sudah dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Di musim lalu pun, akhirnya dia bisa berhasil mengantarkan klubnya yaitu Atletico Madrid dalam menjuarai Liga Spanyol dengan hanya kebobolan sebanyak 25 gol saja.

Atletico juga sudah dipuji karena ketangguhan mereka pada garis pertahanan serta Oblak jadi alasan paling besar di balik kesuksesan mereka. catatan clean sheet nya yang cantik memainkan peran yang sangat besar dalam kemenangan Atletico di Liga Spanyol.

Kontribusi serta catatan nirbobol kiper dari Slovenia ini juga sangat dinanti lagi performanya di kiprah musim depan bersama dengan tim asuhan Diego Simeone. Karena, Barcelona serta Real Madrid dipastikan akan berjuang lagi sesudah gagal meraih gelar Liga Spanyol 2020 sampai dengan 2021.

5. Emiliano Martinez (Aston Villa – Argentina)

Emiliano Martinez (Aston Villa - Argentina)

Salah satu kiper terbaik di dunia ini merupakan nama baru sesudah menjadi pahlawan Argentina pada Copa America 2021. Bukan Cuma mengenai pertunjukkan kehebatannya pada babak adu penalti di semifinalnya, namun di final dia juga tampil dengan sangat memukau.

Dia juga sudah membuktikan bahwa kemampuannya sangat baik dengan cara menjadi pusat perhatian. Bahkan Lionel Messi pun mengakui ketangguhan dari Martinez. Di level klub pun Martinez yang membela Aston Villa walaupun tak terlalu terlihat namun tetap bisa memainkan peran utama di bawah asuhan Dean Smith.

Karena, secara tim nya, Aston Villa bukanlah tim yang memenangkan trofi utama namun ia tetap bisa bersinar. Martinez tahu kalau karirnya sudah meningkat secara dramatis dalam 12 bulan terakhir serta ada di lingkungan yang tepat untuk tampil dengan konsisten.

6. Ederson Moraes (Manchester City – Brasil)

Ederson Moraes (Manchester City - Brasil)

Ederson adalah salah satu kiper terbaik di dunia yang punya pengaruh yang besar baik untuk Man City ataupun untuk Brazil. Bahkan, belum lama ini dia kabarnya berhasil menggantikan peran Alisson Becker sebagai kiper nomor satu untuk Timnas Brazil.

Di musim lalu, dia bisa sukses membawakan Man City untuk tampil ke final Liga Champions dan juara di liga Inggris. Sementara bersama dengan Timnas Brazil, Ederson mampu membawa negaranya tampil ke final Copa America 2021.

Walau begitu, Ederson tetap punya aset yang mumpuni sebagai seorang penjaga gawang terbaik di dunia. Bahkan bukan hanya menjaga gawang, Ederson juga punya kemampuan dalam mencetak gol dan juga assist.

7. Kurnia Meiga

Kurnia Meiga

Berhasilnya Arema FC dalam meraih gelar Liga Super Indonesia di tahun 2009 sampai 2010 tidak bisa dipisahkan dari peran Kurnia Meiga. Saat itu, ia dipercaya menjadi kiper sesudah Marku Haris Maulana hengkang di separuh musim.

Pelatih Robert Alberts pun dengan sangat yakin langsung memberikan Kurnia Meiga debut di Arema walaupun umurnya baru menginjak 19 tahun. Keputusan itu pun tidak disesali oleh Robert Alberts hingga sekarang karena Kurnia Meiga bisa tampil dengan sangat mengesankan sampai akhir musim.

Arema yang merupakan tim nya juga akhirnya meraih gelar di tahun 2009 sampai dengan 2010. Kurnia Meiga mendapatkan penghargaan pemain terbaik di musim itu.

8. Lev Yashin

Lev Yashin

France Football pernah menobatkan Lev Yashin menjadi seorang penjaga gawang terbaik di sepanjang masa nya. Kiper yang diberikan julukan sebagai Spider itu juga jadi satu – satunya penjaga gawang yang bisa memenangi gelar individu yang cukup bergengsi, Ballon d’Or.

Penghargaan elite tersebut diperoleh Yashin di tahun 1963 dulu atau tepatnya 3 tahun sesudah ia mengantarkan Uni Soviet menjadi juara di Piala Eropa. Penghargaan ini tentu saja tidak jatuh ke orang yang salah. Apalagi, mengingat Lev Yashin punya skill yang sangat mumpuni.

9. Manuel Neuer

Manuel Neuer

Nauer adalah seorang pemain yang sempat mengenalkan kembali peran dari sweeper kiper. Neuer tidak bisa hanya diam saja di bawah mistar karena ia tidak pernah ragu jika harus meninggalkan gawang demi membersihkan area gawang saat bola datang.

Performanya yang luar biasa ini lah yang membuat dirinya pantas mendapatkan penobatan sebagai seorang kiper terbaik di dunia pada tahun 2013, 2014, 2015, sampai dengan 2016 dari versi IFFHS. Apalagi, dia juga sudah sangat lama bermain dan selalu menunjukkan performa yang stabil.

10. Yoo Jae Hoon

Yoo Jae Hoon

Tidak banyak klub di Indonesia yang tertarik dalam memakai jasa pemain asing yang berperan sebagai kiper. Tetapi, hal tersebut tidak berlaku untuk Persipura Jayapura. Di tahun 2010 kemarin, Persipura mendatangkan Yoo Jae Hoon dari klub Korea Selatan, Daejeon Citizen.

Di bawah asuhan Jacksen F. Tiago, Yoo Jae Hoon pun dengan sangat apik tampil dengan gemilang, kiper dengan postur tubuh 186 itu bisa secara sukses mempersembahkan 2 gelar liga untuk Persipura di tahun 2010 sampai 2011 dan juga 2013. Ia juga mendapatkan penghargaan sebagai kiper terbaik di musim 2013 lalu.

Tentu saja ini merupakan keputusan yang sampai sekarang tidak pernah disesali oleh manajemen Persipura. Kenapa lagi kalau bukan karena performanya yang sangat memuaskan.

Itulah beberapa nama kiper terbaik di dunia termasuk yang ada di Indonesia. Walaupun beberapa kiper yang berasal dari Indonesia ini tidak bermain di tim – tim nasional yang sudah sangat sering bertanding, namun bukan berarti mereka kalah dalam hal skill nya loh. Idola kalian ada di atas tidak?